Minggu, 25 April 2010

Membuat kompor bio etanol sendiri

Kalau Anda merasa mahal kompor bikinan kami, maka berikut ini kami sajikan cara membuat kompor bio etanol sendiri.

Kompor bio etanol ini prinsipnya ada 2 bagian :
1. Bagian rangka
2. Burnernya atau penyalaannya lengkap dengan kran atau valve masuknya cairan bio etanol dan selang infus serta botol tangki bio etanol.

Bagian rangka : dapat diperoleh dari rangka kompor gas, yang dipreteli diambil rangkanya dan dudukan tempat burner / penyalaannya.

Bagian burner / atau penyalaannya.
Ada beberapa cara membuat burner, yaitu :

1. Cara mudah dengan memanfaatkan limbah minuman kaleng.
imagebam.com
imagebam.com
Burner yang dibuat dari 4 buah kaleng bekas tadi
Cara membuatnya, ambil 4 kaleng bekas ini dan potong bagian bawah kaleng ini, setelah itu rekatkan satu sama lainnya, lihat gambar di atas. Bagian atas dari burner yang sudah dirakit tadi masukkan pipa tembaga dimana dialirkan bio etanol, dan dibagian atas ini terjadilah penguapan cairan bio etanol menjadi uap atau gas, yang akan menimbulkan tekanan uap atau tekanan gas, yang akan berdesakan keluar melalui bagian bawah dan keluar melaui lubang-lubang yang kita buat sebelumnya, bertemu udara dan api, maka terbakarlah uap bio etanol ini.

Untuk mengatur besar kecil mengalirnya cairan bio etanol ini, Anda dapat pergunakan kran atau valve dan/atau bukaan selang infus. Anda bisa pakai dua-duanya atau selang infus saja sudah cukup. Tapi disarankan demi amannya dan kerapian Anda pakailah dua-duanya. Gambar kran dapat dilihat di bawah.
imagebam.com
Selang infus berfungsi mengalirkan cairan bio etanol dari botol tangki bioetanol yang mengalir karena gravitasi, dimana botol ditempatkan lebih tinggi 1 meter dari kompor.

Sekarang antara burner dan rangka harus disatukan, burner tempatkan pada dudukan di rangka kompor bio etanol tadi, kran atau valve pasang pada bekas bolongan atau lubang pada rangka bekas kompor gas ini. Dan antara selang infus ke kran disambungkan melalui pipa tembaga ukuran yang paling kecil, dan atara kran ke burner sambungkan juga dengan pipa tembaga. Masing-masing pipa tembaga panjangnya sekitar 25 cm.

Coba cek sekali lagi, semua sudah terpasang benar? Botol tangki sudah terisi dengan bio etanol? Tutup kran, kemudian tuangkan etanol di burnernya dan nyalakan dengan korek api. Biarkan terbakar sampai panasnya cukup untuk menguapkan bio etanol, setelah itu buka kran, kelihatanlah si infus mulai menetes tandanya bio etanol mengalir. Mulailah terjadinya pembakaran bio etanol kita ini.

2. Membuat kompor bio etanol yang layak jual seperti yang ada contohnya pada kami ini. Apa saja yang dibutuhkan? Hampir sama, cuma burnernya dibuat dari plat tipis dari stainless steel atau dari tembaga. Yang mudah dari tembaga karena mudah digunting, dikenteng - dibentuk dan di rekatkan satu sama lainnya. Anda cukup menggunting 4 buah bulatan diameter 7 cm dan 1 buah bulatan diameter 10 cm. Yang 4 buah akan kita bikin burner dan ruang penguapan, yang satu buah diameter 10 cm ini untuk tempat menuangkan bio etanol untuk pancingan (seperti kerja lampu petromaks).
imagebam.com
Kran atau valve pengaturan aliran bio etanol :
imagebam.com
Aliran bio etanol mengalir melalui selang infus dari botol tangki bio etanol dan masuk ke pipa tembaga. (Lihat gambar di atas, Bio etanol masuk). Melalui pengaturan besar kecilnya aliran oleh kran, kemudian bio etanol ini menuju burner (lihat gambar di atas), Sampailah bio etanol ini di tempat penguapan dan penyalaan. Bagaimana cara menyalakannya? Lihat di Cara Kerja Kompor Bio etanol.
Oya, anda bisa melihat dari gambar yang ada disini untuk membayangkan bagaimana cara membuatnya.
imagebam.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar